Sabtu, 20 Maret 2021

Kewirausahaan digital adalah kegiatan jual beli produk atau jasa melalui dunia virtual atau jejaring elektronik.

Kewirausahaan digital menjadi kegiatan berbisnis penting diera ini, hal ini memudahkan orang-orang untuk melakukan kegiatan ekonomi yang tentunya meudahkan seperti melakukan transaksi tanpa harus bertemu langsung,tanpa peduli memikirkan jarak,ini akan menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Banyak sekali peluang terkait masalah ini seperti keuntungan yang menjanjikan,meleberkan sayap bisnis lalu membuka banyak lapangan pekerjaan namun ada juga tantangan seperti banyak pesaing yang terus berdatangan, pasang surut keuangan dan Masih banyak lagi

Kompetensi utama yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah berani mengambil keputusan,berani mengambil resiko,optimis dan percaya diri menjalankan bisnis

Pada video youtube https://youtu.be/CSuIqBJZcgA bersama Prof.Dedi Purwana dan  Ir.IBM Jaya martha.MM  beliau adalah manajer IT di PT Indoguna ,ada sebuah pertanyaan yaitu menurut kepala profesional IT bagaimana prospek digital bussines ditanah air kedepannya, Dijawab oleh narasumber yaitu dimulai dari  hal kecil seperti PT Indoguna yaitu  management yang baik misal Distribution management, transportation management, dan distribution management, dan semua itu harus didukung dengan teknologi dan  informasi digital yang mumpuni, misal frozen sangat dibutuhkan oleh indoguna untuk menjaga  suhu daging agar tetap stabil saat disimpan  maupun saat pengiriman , lalu ada beberapa strategi bisnis yang perlu diera digital ini, pertama keunggulan kompetitif berfokus pada kepuasan pelanggan yaitu  membuat  suatu  kepuasan atau kemudahan ke pelanggan agar menjadi pembeda dengan pesaing lain, Kedua Omnichanel yaitu menghubungkan dunia offline ke online, sekarang dengan adanya teknolgi online memudahkan  customers karena adanya marketplace,Ketiga BigData yaitu menggunakan SAP bussines one untuk mendukung transakksi bisnis membuat data  warehouse mengambil keputusan misal Indoguna memiliki data yang berguna jika ada pesaing masuk dan mengambil beberapa customers  lalu mereka melihat dari 20 produk ada 5 produk dalam beberapa bulan customers tidak membeli barang tersebut , maka dengan ini kita bisa mencari tahu ,data ini yang dapat digunakan Indoguna untuk mengevaluasi penjualan  mereka kedepannya, Keempat ada Cybersecurity ini sangat penting karena kita tidak mempunyai pertahanan yang cukup akan terjadi hal yang tidak diinginkan dan untuk melindungi informasi bisnis perusahaan, Kelima Kapabilitas Digital, kapabilitas apa yang kita butuhkan agar kita dapat masuk kedunia digital ini. Dari semua itu dibutuhkan kemajuan teknologi digital untuk mendukung dan membuat strategi bisnis dapat terjadi.

inti pertanyaan adalah apakah Indonesia sudah masuk ke bisnis digital, ada sebuah penelitian dari IDC worldwide pada tahun 2015,untuk masuk ke dunia digital ada 4 hal ,  mobile internet, cloud technology, internet of things, dan ada big data advanced analystics, dari data perbandingan 2014 dan 2015 membuktikan bahwa revolusi digital telah sampai di Indonesia, lalu ada perkembangan pengguna sosial media di Indonesia,Pengguna sosial media seperti Facebook dan Twitter di Indonesia jauh melebihi pengguna dari Amerika dan pengguna belanja online di Indonesia juga cukup meningkat, lalu apa prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur? Yaitu creating the future from the future yaitu mahasiwa harus membuat masa depan untuk masa depan, disini mahasiswa harus membuat gambaran atau pikiran tentang masadepan mereka agar dengan mudah mewujudkan karena sejak lama mereka sudah ada keinginan untuk mewujudkannya, diIndonesia banyak sekali sektor usaha seperti pabrik, pertambangan, retail, pertanian diharapkan mahasiwa memiliki prospek untuk mengembangkannya lewat teknologi digital.

Kesimpulannya menurut saya mahasiswa bisa menjadi digital enterpreneurship dimasa sekarang , walaupun dimasa pandemi covid ini manusia dibatasi untuk beraktivitas diluar rumah tapi dengan adanya kemajuan teknologi informasi apalagi saat ini kita berada di era revolusi Industri 4.0 sangat mudah untuk mengakses dan mendapatkan apapun yang kita inginkan walaupun dimasa pandemi yang mewabah  ini, dan kemajuan Indonesia di dunia bisnis digital dari tahun ke tahun cukup memperlihatkan perkembangan yang positif, dimulai dari  pemerataan akses internet di Indonesia hingga banyak perusahaan di Indonesia yang terus meningkatkan mutu dan kualitas lewat teknologi dan informasi digital ini, lalu kemajuan teknologi juga mendorong masyarakat untuk berinovasi dalam berbagai hal untuk  memudahkan segala urusan dalam kehidupan sehingga tercipta kepuasan tersendiri dalam diri hingga membuat kemajuan dalam sektor industri di Indonesia untuk memudahkan perushaan berbisnis digital, dan kami sebagai mahasiswa harus memiliki apa yang disampaikan pak Jaya tadi yaitu creating future from the future dimana mahasiswa memegang tonggak dimasa mendatang untuk turut serta membangun indonesia lewat teknologi digital untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya teknologi agar menjadi satu kesatuan yang berkesinambungan agar tercipta perekonomian Indonesia yang terus tumbuh setiap tahun.

Lalu Pada video youtube channel Dedi Purwana dalam episode Digital Enterpreneurship #wirausahadigitalkeren #2 https://youtu.be/nOSKYkkI81A  Prof. Dedi Purwana kembali berdiskusi dengan Ir.IBM Jaya Martha.MM lewat aplikasi Zoom, sesi diskusi diawali dengan adanya pertanyaan yaitu apa saja skill atau kompetensi yang perlu dimiliki ketika kita ingin menjadi wirausaha digital? Pertama Narasumber memberi tahu bahwa kompetensi berkaitan dengan akademik dan industri tapi sebelum itu narasumber menjelaskan Indikator-indikator atau kompetensi dan skill yang diperlukan oleh wirausaha,

Menurut pengalaman narasumber saat bekerja sama membantu koleganya dibidang IT mereka selalu berbicara tentang target financial, cara mencapai target financial sendiri ada dua model yaitu mengembangkan diri dengan mencari pelanggan baru dan mempertahankan keloyalan konsumen atau dengan produtif yaitu hemat biaya dan menjaga aset produktif, biasanya untuk mencapai target financial kita harus mendapatkan kepuasan pelanggan , cara mendapatkan kepuasan pelanggan yaitu dengan proses internal apa yang kita lakukan, lalu juga ada belajar dan berkembang untuk mengukur siapa saja yang dapat mengerjakan apa yang kita rencanakan, disamping kita mencari kepuasaan pelanggan kita ada aspek yang harus kita penuhi misal harga,kualitas,stok barang,pilihan model, didukung dengan pelayanan prima dan mitra kerja untuk menjangkau para konsumen dan tidak lupa mengutamakan citra perusahaan, lalu dalam pengerjaannya kita memiliki beberapa point yang harus diperhatikan , contoh ada operasi yang meliputi pasokan barang,produksi,distribusi,dan resiko saat mendistribusikan barang itu sendiri, lalu ada point tentang pelanggan yang meliputi tentang selera dan loyalitas, lalu ada inovasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan , lalu ada regulasi sosial , dan ketika proses internal sudah dilakukan maka kita masih harus belajar dan berkembang kita kembali memperbaiki atau memperkuat bagian yang ada yaitu sumber daya manusia kita buatkan kursus, lalu informasi kita beli software untuk sistem yang lebih baik dan ada organisasi kita kembangkan lagi agar terjadi kerjasama yang baik.

Disini narasumber menjelaskan tentang kompetensi yang harus dimiliki pertama ada Komunikasi, komunikasi adalah keterampilan penting  wirausaha, lalu ada Financial , wirausaha penting memilki kecerdasan financial, lalu ada Merk sebagai wajah perusahaan anda, dan juga citra dari foundernya atau founder yang memperkuat citra perusahaan, lalu berikutnya ada Marketing wirausaha memiliki produk terbaik diidunia tetapi jika hanya dipasarkan ditoko pelanggan tidak ada yang tahu, maka perlu kita pasarkan dimarket place seperti tokopedia,shope dan lain-lain, berikutnya ada Networking ada istilah tali silaturahmi memperluas rezeki, makin luas tali silaturahmi yang dibangun maka semakin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha, berikutnya ada Automation yaitu melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas seorang wirausaha jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau pendelegasian , lalu ada Design, design yang terburu-buru masuk pasar maka akan meningkatkan kegagalan oleh sebab itu design produk sangat penting bagi wirausaha, lalu ada analytics belajar menganalisis menjadi hal penting, sehebat apapun firasat dan intuisi, belajarlah membuat keputusan lewat data, lalu ada Technical pemograman memang suatu keterampilan penting dunia digital, namun tidak semua harus bisa itu, pemahaman sederhana dari algoritma dan cara berpikir terstruktur, akan mengembangkan pemikiran logis untuk memecahkan masalah kompleks, terakhir ada Learning ,online learning sangatlah penting diera digital ini untuk meningkatkan kinerja bisnis kita.


 

 

1 komentar: