Kewirausahaan digital adalah kegiatan jual beli produk atau jasa melalui dunia virtual atau jejaring elektronik.
Kewirausahaan digital menjadi kegiatan berbisnis penting
diera ini, hal ini memudahkan orang-orang untuk melakukan kegiatan ekonomi yang
tentunya meudahkan seperti melakukan transaksi tanpa harus bertemu
langsung,tanpa peduli memikirkan jarak,ini akan menjadi lapangan pekerjaan bagi
banyak orang.
Banyak sekali peluang terkait masalah ini seperti
keuntungan yang menjanjikan,meleberkan sayap bisnis lalu membuka banyak
lapangan pekerjaan namun ada juga tantangan seperti banyak pesaing yang terus
berdatangan, pasang surut keuangan dan Masih banyak lagi
Kompetensi utama yang harus dimiliki seorang wirausaha
adalah berani mengambil keputusan,berani mengambil resiko,optimis dan percaya
diri menjalankan bisnis
Pada video youtube https://youtu.be/CSuIqBJZcgA bersama Prof.Dedi Purwana dan Ir.IBM Jaya martha.MM beliau adalah manajer IT di PT Indoguna ,ada
sebuah pertanyaan yaitu menurut kepala profesional IT bagaimana prospek digital
bussines ditanah air kedepannya, Dijawab oleh narasumber yaitu dimulai dari hal kecil seperti PT Indoguna yaitu management yang baik misal Distribution
management, transportation management, dan distribution management, dan semua
itu harus didukung dengan teknologi dan
informasi digital yang mumpuni, misal frozen sangat dibutuhkan oleh
indoguna untuk menjaga suhu daging agar
tetap stabil saat disimpan maupun saat
pengiriman , lalu ada beberapa strategi bisnis yang perlu diera digital ini,
pertama keunggulan kompetitif berfokus pada kepuasan pelanggan yaitu membuat
suatu kepuasan atau kemudahan ke
pelanggan agar menjadi pembeda dengan pesaing lain, Kedua Omnichanel yaitu
menghubungkan dunia offline ke online, sekarang dengan adanya teknolgi online
memudahkan customers karena adanya
marketplace,Ketiga BigData yaitu menggunakan SAP bussines one untuk mendukung
transakksi bisnis membuat data warehouse
mengambil keputusan misal Indoguna memiliki data yang berguna jika ada pesaing
masuk dan mengambil beberapa customers
lalu mereka melihat dari 20 produk ada 5 produk dalam beberapa bulan
customers tidak membeli barang tersebut , maka dengan ini kita bisa mencari
tahu ,data ini yang dapat digunakan Indoguna untuk mengevaluasi penjualan mereka kedepannya, Keempat ada Cybersecurity
ini sangat penting karena kita tidak mempunyai pertahanan yang cukup akan
terjadi hal yang tidak diinginkan dan untuk melindungi informasi bisnis
perusahaan, Kelima Kapabilitas Digital, kapabilitas apa yang kita butuhkan agar
kita dapat masuk kedunia digital ini. Dari semua itu dibutuhkan kemajuan
teknologi digital untuk mendukung dan membuat strategi bisnis dapat terjadi.
inti pertanyaan adalah apakah Indonesia sudah masuk ke
bisnis digital, ada sebuah penelitian dari IDC worldwide pada tahun 2015,untuk
masuk ke dunia digital ada 4 hal ,
mobile internet, cloud technology, internet of things, dan ada big data
advanced analystics, dari data perbandingan 2014 dan 2015 membuktikan bahwa
revolusi digital telah sampai di Indonesia, lalu ada perkembangan pengguna
sosial media di Indonesia,Pengguna sosial media seperti Facebook dan Twitter di
Indonesia jauh melebihi pengguna dari Amerika dan pengguna belanja online di
Indonesia juga cukup meningkat, lalu apa prospek mahasiswa untuk menjadi
digital entrepreneur? Yaitu creating the future from the future yaitu mahasiwa
harus membuat masa depan untuk masa depan, disini mahasiswa harus membuat
gambaran atau pikiran tentang masadepan mereka agar dengan mudah mewujudkan
karena sejak lama mereka sudah ada keinginan untuk mewujudkannya, diIndonesia
banyak sekali sektor usaha seperti pabrik, pertambangan, retail, pertanian
diharapkan mahasiwa memiliki prospek untuk mengembangkannya lewat teknologi
digital.
Kesimpulannya menurut saya mahasiswa bisa menjadi digital
enterpreneurship dimasa sekarang , walaupun dimasa pandemi covid ini manusia
dibatasi untuk beraktivitas diluar rumah tapi dengan adanya kemajuan teknologi
informasi apalagi saat ini kita berada di era revolusi Industri 4.0 sangat
mudah untuk mengakses dan mendapatkan apapun yang kita inginkan walaupun dimasa
pandemi yang mewabah ini, dan kemajuan
Indonesia di dunia bisnis digital dari tahun ke tahun cukup memperlihatkan
perkembangan yang positif, dimulai dari
pemerataan akses internet di Indonesia hingga banyak perusahaan di
Indonesia yang terus meningkatkan mutu dan kualitas lewat teknologi dan
informasi digital ini, lalu kemajuan teknologi juga mendorong masyarakat untuk
berinovasi dalam berbagai hal untuk
memudahkan segala urusan dalam kehidupan sehingga tercipta kepuasan
tersendiri dalam diri hingga membuat kemajuan dalam sektor industri di
Indonesia untuk memudahkan perushaan berbisnis digital, dan kami sebagai
mahasiswa harus memiliki apa yang disampaikan pak Jaya tadi yaitu creating
future from the future dimana mahasiswa memegang tonggak dimasa mendatang untuk
turut serta membangun indonesia lewat teknologi digital untuk mengembangkan
sumber daya manusia dan sumber daya teknologi agar menjadi satu kesatuan yang
berkesinambungan agar tercipta perekonomian Indonesia yang terus tumbuh setiap
tahun.
Lalu Pada video youtube channel Dedi Purwana dalam episode
Digital Enterpreneurship #wirausahadigitalkeren #2 https://youtu.be/nOSKYkkI81A Prof. Dedi Purwana kembali
berdiskusi dengan Ir.IBM Jaya Martha.MM lewat aplikasi Zoom, sesi diskusi
diawali dengan adanya pertanyaan yaitu apa saja skill atau kompetensi yang
perlu dimiliki ketika kita ingin menjadi wirausaha digital? Pertama Narasumber
memberi tahu bahwa kompetensi berkaitan dengan akademik dan industri tapi
sebelum itu narasumber menjelaskan Indikator-indikator atau kompetensi dan
skill yang diperlukan oleh wirausaha,
Menurut pengalaman narasumber saat bekerja sama membantu koleganya dibidang IT
mereka selalu berbicara tentang target financial, cara mencapai target
financial sendiri ada dua model yaitu mengembangkan diri dengan mencari
pelanggan baru dan mempertahankan keloyalan konsumen atau dengan produtif yaitu
hemat biaya dan menjaga aset produktif, biasanya untuk mencapai target
financial kita harus mendapatkan kepuasan pelanggan , cara mendapatkan kepuasan
pelanggan yaitu dengan proses internal apa yang kita lakukan, lalu juga ada
belajar dan berkembang untuk mengukur siapa saja yang dapat mengerjakan apa
yang kita rencanakan, disamping kita mencari kepuasaan pelanggan kita ada aspek
yang harus kita penuhi misal harga,kualitas,stok barang,pilihan model, didukung
dengan pelayanan prima dan mitra kerja untuk menjangkau para konsumen dan tidak
lupa mengutamakan citra perusahaan, lalu dalam pengerjaannya kita memiliki
beberapa point yang harus diperhatikan , contoh ada operasi yang meliputi
pasokan barang,produksi,distribusi,dan resiko saat mendistribusikan barang itu
sendiri, lalu ada point tentang pelanggan yang meliputi tentang selera dan
loyalitas, lalu ada inovasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan , lalu ada
regulasi sosial , dan ketika proses internal sudah dilakukan maka kita masih
harus belajar dan berkembang kita kembali memperbaiki atau memperkuat bagian
yang ada yaitu sumber daya manusia kita buatkan kursus, lalu informasi kita
beli software untuk sistem yang lebih baik dan ada organisasi kita kembangkan
lagi agar terjadi kerjasama yang baik.
Disini narasumber menjelaskan tentang kompetensi yang harus dimiliki pertama
ada Komunikasi, komunikasi adalah keterampilan penting wirausaha, lalu ada Financial , wirausaha
penting memilki kecerdasan financial, lalu ada Merk sebagai wajah perusahaan
anda, dan juga citra dari foundernya atau founder yang memperkuat citra
perusahaan, lalu berikutnya ada Marketing wirausaha memiliki produk terbaik
diidunia tetapi jika hanya dipasarkan ditoko pelanggan tidak ada yang tahu,
maka perlu kita pasarkan dimarket place seperti tokopedia,shope dan lain-lain,
berikutnya ada Networking ada istilah tali silaturahmi memperluas rezeki, makin
luas tali silaturahmi yang dibangun maka semakin kuat pondasi bisnis seorang
wirausaha, berikutnya ada Automation yaitu melakukan hal yang sama berulang
kali, akan mengurangi produktivitas seorang wirausaha jika perangkat lunak bisa
mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau pendelegasian , lalu ada
Design, design yang terburu-buru masuk pasar maka akan meningkatkan kegagalan
oleh sebab itu design produk sangat penting bagi wirausaha, lalu ada analytics
belajar menganalisis menjadi hal penting, sehebat apapun firasat dan intuisi, belajarlah
membuat keputusan lewat data, lalu ada Technical pemograman memang suatu
keterampilan penting dunia digital, namun tidak semua harus bisa itu, pemahaman
sederhana dari algoritma dan cara berpikir terstruktur, akan mengembangkan
pemikiran logis untuk memecahkan masalah kompleks, terakhir ada Learning
,online learning sangatlah penting diera digital ini untuk meningkatkan kinerja
bisnis kita.
terus posting artikel menarik lainnya.
BalasHapus